Monday, November 26, 2012

Kearifan Lokal : Komik Curhat, Isi Hati Penghuni Lapas Anak

Komik Curhat, Isi Hati Penghuni Lapas Anak

PALEMBANG - Berawal sebagai media untuk menyalurkan kreativitas anak didik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Pakjo membuat sebuah komik. Komik yang dibuat ini dinamakan komik curhat yang berisi ungkapan isi hati dan perasaan dari para anak didik Lapas kelas II Pakjo melalui sebuah cerita bergambar.
â??Mereka ini di dalam penjara dalam waktu lama, tentu mengalami kejenuhan. Untuk itu disalurkanlah dalam sebuah media yaitu komik,â?? terang Kepala Lapas Anak, Pujo Harinto, dalam peluncuran soft launching komik curhat di Rutan Pakjo Palembang, kemarin (31/10).
Komunitas komik ini berjumlah 30 orang yang dinamai Kompak (Komunitas Obak Muda Pakjo). Isi komik sendiri antara lain bertema pengalaman anak didik hingga berada dalam penjara, kerinduan mereka dengan dunia luar, maupun ungkapan jati diri mereka. â??Dengan adanya komunitas komik ini diharapkan mampu membuat anak didik semangat dalam berkreasi dan berkarya, mengasah bakat seni, serta menyalurkan emosi dalam bentuk positif. Selain itu dengan adanya program ini dapat mengurangi tingkat kekerasan dalam lapas,â?? jelasnya.
Pembuatan komik ini nantinya akan dibukukan dan dipamerkan pada bulan Desember mendatang dalam sebuah pameran di Benteng Kuto Besak (BKB). Setelah dipamerkan pada masyarakat, hasil karya anak didik ini juga diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi anak-anak yang lain agar tidak terjerumus kepada keasalahan yang sama.
Pembuataan komik Kompak ini telah dilaksanakan sejak Sabtu lalu (27/10) dan telah menghasilkan beberapa lembar cerita. Dalam pembuatannya, bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Rumah Tanpa Jendela dan Yayasan Bunda Eva.

Sumber :
http://www.sumeks.co.id/index.php?op...&Itemid=71

"walaupun tendesi gerakan ini dalam rangka menuju pilkada Sumsel 2013,,tetapi kegiatan ini sangat dihargai karena kegiatan ini lebih konkret daripada bagi-bagi duit gak jelas..,,Maju terus NGO yang kreatif dan membangun civil society,,"..

Exspost News

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Exspost News.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay