Wednesday, November 21, 2012

Kota Prasejarah Tertua di Eropa Ditemukan di Bulgaria

Bulgaria, ON: Ahli arkeologi di Bulgaria menemukan sebuah situs yang diyakini sebagai kota prasejarah tertua di Eropa. Situs itu ditemukan di Kota Provadia, sebelah timur laut negara mereka.
Kota prasejarah tertua di Eropa yang ditemukan di Bulgaria. (int)
[imagetag]
Seperti dilansir bbc, Kamis (1/11/2012), kota itu diperkirakan eksis sekitar 4.700 hingga 4.200 sebelum Masehi atau 1.500 tahun sebelum peradaban Yunani, dan dikelilingi dinding batu yang tinggi, sehingga menyerupai sebuah benteng.

Berdasarkan artefak dan sisa-sisa peninggalan yang ditemukan di lokasi situs, para ahli yakin ketika kota prasejarah itu masih aktif, salah satu aktifitas rutin warganya adalah merebus air dari mata air setempat untuk membuat bongkahan garam yang kemudian dijual sebagai pengawet daging.

Garam, menurut para ahli, kala itu merupakan komoditas yang paling berharga.


Setelah tujuh tahun menggali

Kota prasejarah tertua di Eropa itu ditemukan setelah para ahli melakukan penggalian sejak 2005. Mereka yakin bahwa yang mereka temukan adalah sebuah kota prasejarah, karena di lokasi itu terdapat sisa-sisa rumah dua lantai, serangkaian lubang yang digunakan untuk melakukan ritual, pintu gerbang, dan bekas-bekas pos penjagaan.

Sebuah tanah pekuburan juga ditemukan di situs itu pada awal tahun ini, dan masih dipelajari oleh para arkeologis.

Krum Bachvarov, arkeolog dari Institut Nasional Arkeologi Bulgaria, mengatakan, apa yang ia dan kawan-kawannya temukan merupakan sesuatu yang sangat menarik.

"Dinding besar di sekitar situs yang dibangun sangat tinggi dengan batu.... Sejauh ini, setahu saya, hal seperti ini belum pernah ditemukan di situs-situs prasejarah di Eropa timur," katanya kepada AFP.

Hal yang juga menarik dari penemuan kota bersejarah tersebut adalah, ditemukannya tambang-tambang garam seperti yang ada di dekat Tuzla di Bosnia, dan Turda di Rumania. Penemuan ini membantu para arkeolog untuk membuktikan keberadaan sejumlah peradaban yang menambang tembaga dan emas di pegunungan Carpathian dan Balkan pada periode yang sama dengan ketika kota prasejarah yang ditemukan ini eksis.

Koresponden Eropa BBC, Nick Thorpe, mengatakan, penemuan ini hampir bisa dipastikan dapat menjadi jawaban atas penemuan sebongkah emas di luar kota Varna yang berjarak 35 km dari Kota Provadia, pada 40 tahun silam.
sumber

Exspost News

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Exspost News.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay