Monday, October 29, 2012

Air Mancur Gedung Sate Telan Rp 355 Juta

[imagetag]

Dengan alasan mempercantik dan memperindah halaman Gedung Sate, pemerintah Propinsi Jawa Barat tengah menata taman Gedung Sate yakni membuat Taman Air Mancur dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 355 juta yang berasal dari APBD murni 2012.

Taman air mancur tersebut hanya berukuran Panjang : 32 meter, lebar 6 meter, tinggi mancurnya air 1,5 meter berjumlah 4 titik. Sekeliling kolam menggunakan batu andesit. Selain itu juga akan dibangun prasasti bergambar kujang. Juga akan ada bunga-bunga untuk menambah keindahan taman.

Selama ini taman Gedung Sate hanya berupa pemeliharaan yaitu penggantian bunga, dan tidak ada perubahan yang signifikan. Untuk itu, guna memberikan nuansa baru nan indah, sejuk dan nyaman, akhirnya Biro Humas, Protokol, dan Umum (HPU) Setda Jabar berencana menata taman dengan mengubah sebagian taman menjadi taman air mancur.

Kepala Biro HPU Setda Jabar Rudy Gandakusama didampingi Kabag Humas Andrie dan Kabag Rumah Tangga Iip Rivai Hidayat, menjelaskan sebelum dirancang gambar dan anggaran pihaknya sudah berkonsultasi dengan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang (BP3S), karena Gedung Sate selain pusat pemerintahan Jabar juga merupakan bangunan cagar budaya.

Rudy menjelaskan, taman air mancur yang kini tengah dikerjakan berukuran panjang 32 meter, lebar 6 meter, tinggi mancurnya air 1,5 meter berjumlah 4 titik. Sekeliling kolam menggunakan batu andesit.

Saat ditanya masalah anggaran yang mencapai Rp.355 juta, menurut Rudy, besaran anggaran itu berdasarkan hasil kajian dan perencanaan, dalam pagunya sebesar Rp.450 juta, setelah dilelang melalui LPSE, pemenangnya dengan nilai tawar Rp.355 juta.

â??Kami anggap anggaran Rp.355 juta cukup untuk mempercantik taman gedungsate, dengan dibuatnya taman air mancur. Diharapkan masyarakat atau wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara sekin tertarik untuk mengunjungi Gedung Sate sebagai cagar budaya,â?? pungkasnya.

SUMBER

Exspost News

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Exspost News.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay