Tuesday, October 30, 2012

[Hidup NKRI!] Ini Curhat Camat Entikong, Wilayah Perbatasan RI-Malaysia

Quote:Ini Curhat Camat Entikong, Wilayah Perbatasan RI-Malaysia

Entikong - Siapa tak kenal kota Entikong? Wilayah yang berada di ujung Kalimantan Barat ini berbatasan langsung dengan Malaysia. Entikong seolah menjadi selebriti karena isu-isu hangat khususnya terkait TKI bermasalah dari Malaysia.

"Kita di sini menjadi penampungan TKI yang dipulangkan karena bermasalah. Mereka kebanyakan bukan orang sini (Kalimantan Barat). Mereka asli orang-orang jauh, tak mau pulang karena malu dengan keluarganya di kampung," cerita Camat Entikong, Markus saat berbincang dengan detikcom di sebuah warung makan masakan Jawa di Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat, Selasa (30/10/2012).

Selain itu, Entikong menjadi jalur transit masuknya TKI ke Malaysia melalui jalur darat. "Ada juga banyak terjadi, mereka masuk secara resmi menggunakan paspor untuk wisata. Namun di tengah jalan mereka ternyata bekerja. Nah ini bagaimana, mereka nanti ketika pulang jadinya ilegal. Itu kami yang tampung," jelas Markus.

Meski begitu, Markus masih menyimpan asa yang besar untuk membangun perekonomian dan kesejahteraan penduduk perbatasan. Ia pun berharap para investor datang untuk turut serta membangun infrastruktur di daerah ini.

"Sarana seperti jalan masih kurang, hotel-hotel juga belum ada yang memadai. Yang ada hanya sekadar penginapan. Kondisi jalan juga masih kurang," lanjutnya.

Padahal, menurut Markus, Entikong menyimpang potensi alam luar biasa yang dapat menarik wisatawan Malaysia untuk datang ke Entikong. "Kita punya Sungai Sekayam yang bagus sekali untuk dijadikan lokasi wisata alam. Selain itu desa-desa sekitarnya yang penduduknya masih hidup secara tradisional dan alami," kata Markus.

Markus berpendapat bahwa takutnya investor masuk ke Entikong dikarenakan pandangan publik kepada Entikong sebagai daerah konflik. Investor masih ragu, selama ini perbatasan seolah-olah adalah lokasi konflik. "Padahal tidak sama sekali. Kita di sini hidup nyaman. Bahkan kami berkeluarga secara biologis karena adanya perkimpoian silang. Kami saling mengundang jika ada acara adat," ujar Markus.


sumber http://news.detik..com/read/2012/10/...opnews



salah sendiri wilayah ente tidak terletak di PULAU JAWA [imagetag]
kalau yg namanya entikong itu letaknya di jawa,
walaupun PAD cuman dari PARKIR, dijamin maju jaya deh daerah ente pak! [imagetag]


HIDUP NKRI! [imagetag]:

Exspost News

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Exspost News.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay