Wednesday, October 31, 2012

Raung Meletus, Warga Jangan Panik

akarta, ON: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik maski saat ini Gunung Api Raung dinyatakan sudah meletus.
[imagetag]
Peta Gunung Raung

"Letusan Gunung Raung hanya terjadi di dalam gunung, jadi letusan Gunung Raung ancamannya belum tinggi, namun masyarakat tetap waspada," kata Suroono, kepala PVMBG, Rabu (31/10/12).

Menurut Surono, PVMBG sudah mendapatkan laporan tentang suara gemuruh yang terdengar oleh masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Api Raung. "Suara gemuruh itulah yang menandakan Gunung Raung sedang meletus," kata Surono.

Dampak dari letusan Gunung Api Raung yang akan dirasakan masyarakat ialah dengan turunnya abu vulkanik. "Kemungkinan ada abu vulkanik tapi tidak banyak, karena abu vulkanik akan menyebar terbawa angin," kata Surono.

Gunung Api Raung dinyatakan meletus setelah terdeteksi peningkatan tremor yang terjadi di Gunung Api Raung. "Tremor letusan sudah banyak," kata Surono.

Surono menjelaskan, letusan Raung hanya terjadi di dalam gunung saja. Hal itu dikarenakan kawah Raung cukup luas dan dalam. "Itulah Raung, luas dan dalam sehingga letusan hanya terjadi di dalam gunung," kata Surono.

Meski telah meletus, sejauh ini Gunung Api Raung belum dinyatakan mengancam. "Tetap waspada walau ancamannya tidak tinggi," kata Surono.
sumber

Exspost News

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Exspost News.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay