Tuesday, October 30, 2012

Stasiun Besar Kalimas Surabaya Segera Difungsikan(Penghuni Liar Dapat 500 rb)

Quote:PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 8 (PT KAI Daop 8) Surabaya dalam waktu dekat akan memungsikan Stasiun Besar Kalimas Surabaya. Infrastruktur itu dinilai sangat strategis sebagai stasiun bongkar muat petikemas pendukung pusat angkutan barang di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kepala PT KAI Daop 8, Maula Nur Kholis juga menjelaskan, PT KAI mewacanakan wilayah Stasiun Kalimas sebagai pusat angkutan barang melalui kereta api untuk Indonesia Timur.

''Dengan adanya stasiun angkutan barang ini maka volume perjalanan angkutan barang dapat semakin cepat dan bertambah. Dari semula hanya 80 kali perjalanan per hari, bisa meningkat hingga 130 perjalanan per hari,'' jelasnya, Selasa (30/10/2012).

Pihaknya mengakui, mengalami kendala dalam menertibkan lahan milik PT KAI yang akan dipakai sebagai Stasiun Besar Kalimas, karena lahan yang sudah puluhan tahun tidak terpakai itu dihuni puluhan warga. ''Tapi kami sudah siapkan tali asih sebesar Rp 500 ribu per meter per segi. Kami harap warga segera pindah, karena ini untuk kepentingan ekonomi nasional yang lebih besar," tambahnya.

Difungsikannya Stasiun Besar Kalimas Surabaya itu, kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Sri Winarto, juga mendukung dibukanya jalur rel Kereta api baru menuju areal Terminal Multipurpose Teluk Lamong. Infrastruktur KA tersebut untuk mempermudah akses transportasi perpindahan peti kemas menuju tempat tujuan tanpa melalui jalur darat yang volumenya terus meningkat, sehingga tidak menambah kemacetan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.

Rencana pengembangan bisnis PT KAI itu bersamaan dengan pembukaan kembali jalur rel mati yang menghubungkan Babat, Lamongan ke Jombang. Jalur rel ke arah Teluk Lamong nantinya akan tersambung dengan stasiun yang ada di kabupaten Gresik maupun di kota Surabaya. ''Rencana itu sekarang dalam tahap survei yang dilakukan Dinas Perhubungan Jawa Timur,'' pungkasnya.

Sumber

Jika masih ada yang ngelunjak mending gusur paksa saja [imagetag]:

Exspost News

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Exspost News.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay